Manajemen Pelayanan Mutu

Penelitian ini bertujuan untuk

1). Untuk menganalisis apakah mutu pelayanan kesehatan yang terdiri dari delapan demensi mutu secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit.

2) Untuk menganalisis apakah faktor mutu pelayanan kesehatan yang terdiri dari delapan demensi mutu secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit.

3) Untuk menganalisis variabel manakah dari delapan dimensi mutu tersebut yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey (survey research), yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar atau kecil dengan mengambil data sampel sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Kuesioner dan Dokumenter, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan model statistik dalam program komputer ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Secara simultan, mutu pelayanan yang terdiri dari teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, efisiensi, hubungan antar manusia, keamanan, kenyamanan dan kontinuitas berpengaruh terhadap kepuasan pasien rumah sakit Marsudi Waluyo Singosari Kabupaten Malang; b) Variabel bebas yang berupa efektifitas, dan keamanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Sedangkan variabel teknis, akses terhadap pelayanan, efisiensi, hubungan antar manusia, kenyamanan dan kontinuitas secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pasien rumah sakit Marsudi Waluyo Singosari Kabupaten Malang; c) Mutu pelayanan dalam bentuk variabel kenyamanan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien rumah sakit.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: