Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Tubuh selalu menerima racun yang berasal dari lingkungn baik berupa dari makanan yg kita serap maupun air dan udara yg kita hirup, racun-racun (toxin) ini menggangu peredaran darah dan proses metabolisme didalam tubuh, dalam bahasa Inggris proses penghilangan racun ini disebut Detoxins. Toxin ini bisa menyebabkan kita cepat lelah dalam melakukan aktifitas atau lambatnya recovery tubuh bila kita melakukan suatu kegiatan.

Kesehatan adalah anugrah yg Allah SWT berikan untuk kita semua, maka menjadi kewajiban bagi kita unutk selalu menjaga kesehatan dan tetap hidup sehat. Dengan mempunyai kesehatan atau fitness level yang baik maka semua aktifitas akan terasa ringan, apakah itu bekerja, sekolah maupun mengajar. Seringkali saya jumpai rekan kerja atau yg lain yg karena kesibukan nya melupakan hal ini, sehingga terlihat tubuhnya kalau tidak besar sekali (gendut atau kurus sekali (kerempeng) ,……maaf yah jangan tersinggung, anggap aja ini kritik yg membangun.

1. Asal racun :

Kualitas udara yg buruk, dikarenakan polusi dan partikel bebas di udara.

Kualitas air minum yg kita minum, dikarenakan pencemaran lingkungan dan limbah.

Makanan yg didapat karena proses seperti minuman berkarbon atau surgary drink (soda, cocacola , sprite dsb), bisa juga karena makanan yg kita masak berulang kali (biasanya di Indonesia kita sering sekali memakan makanan yg sering kali kita masak selama beberapa hari, contohnya rendang)

Jajanan dan junk food, seperti bakso, somay, pizza, KFC, burger yg umumnya menggunakan saus yg selalu mengandung bahan pengawet.

2. Hal-hal yg harus di hindari:

Kurangi minum teh, kopi, serta minuman yg diproses (minuman kaleng misalnya, yg sering menggunakan pengawet), tentunya kopi dan teh mempunyai juga banyak manfaat, tetapi kalau dikomsumsi terlalu banyak tentunya juga tidak baik. Hal ini masih menjadikan pro dan kontra dikalangan ahli gizi, tetapi secara pribadi saya berpendapat sebaiknya dikurangi atau di stop dan diperbanyak minum air putih yg tidak terlalu dingin dan tidak panas.

Coklat, permen, kue2 , snack , chips , indomie dan lain-lain sejenisnya .

3. Melakukan olah-raga secara teratur dan bertahap

Program ini disusun untuk 3 minggu

Aerobic : Lari pagi, jalan kaki, skipping atau bersepeda selama 40 menit , usahakan dilakukan dipagi hari setelah sholat subuh karena kualitas udara masih cukup baik.

Push up : 20 x

Sit up : 40 x

Bisa juga ditambah dengan mengangkat dumbel .

4. Diet plan

Bangun tidur : 2 gelas air putih yg tidak terlalu dingin dan tidak panas.

Sarapan pagi, jam 7 : Sepotong roti tawar, jangan menggunakan mentega, lebih baik ditambah dengan madu dan telur rebus

Sarapan pagi, jam 10: Sepotong pisang atau apel atau jeruk atau papaya.

Makan siang, jam 1 : Nasi (cukup ½ piring saja) dengan lauk pauk, hindari masakan yg digoreng sebaiknya direbus/dikukus, perbanyak makan sayuran.

Sore, jam 4 : Segelas jahe atau susu skim

Malam : Hindari makan nasi atau makanan yg ber karbohidrat, kalau lapar silahkan makan pisang atau apel atau pepaya dan buah-buahan yg mengandung karbohidrat.

*) Usahakan minum air putih 2..5 liter sehari

*) Pola makan ala Barat 3 kali sehari , yg kita sering dapatkan dibangku sekolah dahulu saat ini sudah tidak tepat diterapkan, ikuti sunnah Rasullulah SAW yg makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang atau sediakan 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk udara. Jangan makan sampai perut penuh karena akan membuat kita malas beraktifitas dan ibadah. Bagi waktu makan anda dalam beberapa tahap dan dalam orsi yg kecil, misalnya dibagi menjadi 5 atau 6 kali dalam sehari dan setiap kali makan datu minumdalam porsi yg tidak terlalu banyak. Makn terlalu banyak akan menimbulkan penumpukan lemak, khususnya disekitar perut. Ingat pesan Nabi SAW, bahwa pusta penyakita itu adanya di perut , kalau kondisi perut anda sehat, Insyallah maka semua anggota badan juga akan sehat. Semua sumber penyakit berasal dr makanan yg masuk dalam tubuh kita, makanan yg baik, sehat dan halal akan menumbuhkan kondisi tubuh yg sehat luar biasa, begitu juga sebaliknya.

*) Insyallah seletelah 3 minggu melaksanakan program ini fitness level kita akan semakin baik dan semua kegiatan akan berlangsung dengan baik karena dalam kondisi tubuh yg sehat makan pikiran pun akan sehat dan tenang.

Bila ada pertanyaan atau yg ingin di diskusikan silahkan diajukan, jangan ragu-ragu . Insyallah kita akan mencoba membantu menjawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: