AFP

AFP

BEBASKAN PROPINSI RIAU DARI PENYAKIT POLIO (Reny Melda, Amd.Keb)

Poliomyelitis Anterior Akute adalah penyakit dengan kelumpuhan karena kerusakan motor neoron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Penyakit ini meskipun dapat menyerang semua usia, namun sebagian besar ( 50 – 70 % ) akan menyerang anak usia dibawah tiga tahun, selain kelumpuhan anggota gerak, dapat terjadi kelumpuhan bulbair yang memerlukan respirator sehingga biaya perawatan yang lebih mahal karena cacat fisik yang menetap.

Penyakit Polio ini disebabkan oleh Virus Polio Liar strain 1, 2 dan 3.

Virus polio liar masuk kedalam tubuh manusia melalui oral – vecal dan atau droplet infection ( percikan batuk atau bersin ) pada minggu pertama setelah terjadi infeksi. Virus.

Penyakit ini dapat dibasmi atau dihilangkan karena :

  1. Virus Polio dapat hidup bertahan lama ditubuh manusia + 2 bulan sedangkan diluar tubuh manusia / lingkungan akan segera mati oleh suhu matahari atau sinar ultraviolet.
  2. Sudah ada vaksin Polio yang dapat menimbulkan kekebalan tubuh terhadap virus polio. Apabila sudah dapat vaksinasi Polio 4 kali ( lengkap).

Anak yang baru mendapat imunisasi Polio mucosa usus akan ditempeli oleh virus vaksin dan membentuk koloni virus vaksin di mucosa usus.sehingga apabila virus polio liar masuk ke tubuh anak tsb tidak akan dapat berkembang biak.

Karena itu Badan dunia WHA ( organisasi dibawah WHO ) mengadakan konfrensi pada tahun 1988 di New Delhi yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Negera-negara seluruh Dunia. telah mengeluarkan kesepakatan untuk mencapai Eradikasi Polio pada tahun 2000 dengan strategi sbb:

  1. Imunisasi Polio Rutin dengan cakupan yang tinggi dan merata sampai ke Desa-desa.
  2. Imunisiasi Suplement / tambahan ( PIN, Sub PIN, Mop Up, ORI, Bias Polio ).
  3. Surveilans Acute Flacced Paralysis. ( AFP ).
  4. Pengamanan Virus Polio di Laboratorium.

Dengan cakupan imunisasi polio yang tinggi yang sudah dilaksanakan sejak bertahun-tahun yang lalu maka diyakini Provinsi Riau telah bebas dari penyakit Polio namun itu harus dibuktikan melalui Surveilans Acute Flacced Paralysis ( AFP ). Yang ketat melalui penemuan penderita lumpuh layu mendadak anak usia < 15 tahun, diambil spesimen Faecesnya sesuai persyaratan tertentu dan diperiksa dilaboratorium untuk menentukan ada atau tidak virus Polio.

Depkes. memberikan 10 indikator standar keberhasilan Surveilans AFP yang harus dicapai antara lain target penemuan kasus AFP AFP Rate > 2/100.000 anak usia < 15 tahun. Berdasarkan Proyeksi penduduk dari Sensur BPS pada tahun 2006 dan 2007 ini Provinsi Riau mendapar target penemuan AFP sebanyak 28 kasus. Target ini dialokasikan ke 9 Kabupaten dan 2 Kota dimana masing-masing Kabupaten / Kota harus menemukan kasus AFP sesuai target yang diberikan.

Pada tahun 2006, telah berhasil menemukan kasus AFP dan memeriksakannya ke Laboratorium sebanyak 34 kasus dengan 68 spesimen atau AFP Rate (2,4) dan pada tahun 2007 ( sampai 31 Agustus ) telah ditemukan 31 kasus atau AFP rate (3,2 8) anak usia < 15 tahun artinya Provinsi Riau telah berhasil melampaui target yang diberikan. Dari 68 spesimen tahun 2006 dan 62 spesimen tahun 2007 hasil pemeriksaan dinyatakan Negatif Virus Polio atau Non Polio. Ini menandakan di Riau sudah tidak lagi mempunyai virus Polio. Namun tidak boleh cepat puas karena ancaman virus Polio import masih tetap ada karena masih ada negara-2 yang endemis sepertoi India dan Bangladesh dan Yamen, juga seperti yang terjadi pada tahun 2005 Indonesia kemasukan virus Polio import dari Negara sudan, Oleh sebab itu mari bersama kita Perangi Penyakit Polio melalui kegiatan al.

  1. Partisipasi penuh dari semua pihak ( Aparat Kesehatan dan masyarakat ) untuk melaporkan apabila menemukan kasus lumpuh layu mendadak disekitar anda.
  2. Imunisasi Polio lengkap 4 kali setiap Belita anda..
  3. Pencapaian semua indicator standar serteifikat Polio bagi Petugas kesehatan.
  4. Bertahu kenalan anda, kelaurga anda dan orang yang dijumpai tentang penting melaporkan segera kasus Lumpuh layu mendadak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: